Kamis, 06 Januari 2011

domain name

hello..
kali ini saya akan membahas tentang domain name atau nama domain..

tentung gan and sist semua sering browsing atau apa pun itu di internet..dan secara sadar atau enggak pasti agan and sista sekalian memasukkan akhiran .com , .co.id dan lain-lain. nah itulah yang di sebut domain..

sekarang kita semua sudah sepakat dengan "yang mana domain itu"...nah pertanyaannya
- apa sih sebenernya domain itu ?
- apakah domain itu ada pemilik utamanya?siapa sih dia?
dan pertanyaan lainnya..

baiklah..
domain itu sederhananya adalah nama yang unik yang merupakan alias dari IP adress kita ..
jadi awal adanya internet itu untuk mengunjungi suatu alamat kita perlu menghapal IP adress yang akan kita kunjungi sekarang kalo ibaratnya mah seperti menghapal nomor telepon lah. Namun ini sangat berbeda dengan nomor telepon karena digit yang begitu banyak. cth IP : 128.242.24X.XXX ...
nah untuk memudahkan itu maka dibuatlah alias dari IP tersebut berbentuk kata sehinnga mudah diingat..

nah sekarang, siapa sih sebenarnya pemilik suatu domain?
jadi awal ada internet dibentuklah lembaga administrasi yang mengurusi tetek bengek segala tentang domain yang selanjutnya akan dikirimkan ke pihak yang bertanggung jawab mengurusi tentang domain yaitu ICANN..

setelah bebrapa waktu komunitas internet mendapat solusi cara terbaik menetapkan nama domain dan siapa yang berhak..hal ini dengan keyakinan bahwa setiap organisasi yang mengurus domainnya sendiri-sendiri akan mempunyai tujuan atau bakal kebutuhan untuk nama domainnya..

domain yang terkenal seperti dot com ( .com) merupakan singkatan dari company dan commercial dimana komunitas internet sepakat pembuatnya adalah seorang yang bernama Jack Feinler .. domain ini kita ketahui bahwa sekarang sangat merajai pasaran yang sekarang di kuasai oleh VeriSign ..


itulah pengetahuan sekitar domain..
mudah-mudahan bermanfaat




sumber: 1dunia.net/broadband/sejarah-singkat-com/
              id.wikipedia.org/wiki/.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar